Inilah Takdir


“Verily never will Allah change the condition of a people until they change it themselves (with their own souls). But when (once) Allah willeth a people’s punishment there can be no turning it back nor will they find besides Him any to protect”

Siapa yang bisa jika Pemilik jagad raya ini gak berkehendak? begitulah takdir. Kerap memunculkan hal hal yang tak terduga, gelap takkan bisa teraba. kaohsiung_4535

Namun, takdir itu unik. Meski takkan ada yang mampu menolak jika sudah tergariskan, ternyata disanalah terdapat elastisitasnya. Fleksibel. seumpama karet gelang yang memang sudah bentuknya lonjong atau bulat. Akan mulur jika ditarik dengan usaha.

Jika dimatematiskan, maka formula untuk takdir itu kurang lebih begini : Tergariskan. Terjadi dengan usaha, takkan ada tanpa usaha. titik.

Dinamis. itulah hakikat sesungguhnya yang harus dicapai oleh kita. Maksud lain dari takdir yang mengharuskan kita untuk berusaha semaksimal sejauh yang mampu kita lakukan. Mengacu pada hukum yang tertulis jelas dalam kitab suci Al Qur’an, Takdir hanya menyentuh orang orang yang mau merubah dirinya. Dan hukum alam pun membuktikan bahwa usaha usaha di saat ini, merupakan refleksi untuk masa mendatang. Menyemai benih terbaik untuk mendapat buah teranum saat dipetik.

Mari berkaca sejenak. sampai dimanakah posisi kita saat ini? jika merasakan keadaan yang baik, berterimakasihlah dengan masa masa yang telah dilewati. Sejenak mengulas memori yang telah lalu, maka di titik itupun emosi akan terkuras. Indikasi bahwa masa yang terlewati memiliki jalan yang berkelok ramai. Kadang salah arah. Orientasi yang berubah. Keluar jalur bahkan tergerak untuk mundur.  Inilah takdir. Sebuah keadaan yang terjadi karena usaha. Berubah ubah dan membingungkan. Karena mereka yang pandai memutuskan yang mencapai takdir sebenarnya.

Perjalanan mencapai takdir yang baik selalu terasa seperti baru kemarin sore. Seperti teori relativitas, bahwa waktu itu bisa mengalami pemuluran bahkan pemendekan. Karena pencapaian itu memiliki hak untuk mengontrol suasana hati. Waktu pun terbias.

Selalu berbanding lurus. Usaha minimal takkan ada ceritanya mendapat maksimal. Usaha dengan gigih pastinya mmperoleh hasil yang lebih. Inilah takdir.

Hanya satu cara untuk mencapai takdir yang baik. yang telah digariskan tergenggam rapat di tangan : Susunlah strategi hidup. Karena rekam jejak yang terukur adalah cara terbaik untuk menyesap hari esok yang telah terukir. Sebuah takdir.

U.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s